Wednesday, May 16, 2018

#Top5mountainsonglist : Musik yang menemani petualangan naik gunungmu.





Selamat memasuki bulan ramadhan bagi teman-teman yang beragama muslim, semoga Ramadhan kali ini penuh berkah, dan menjadi Ramadhan terbaik yang pernah di jalanin. Hemmm sambil puasa kayaknya seru nih ngobrolin soal musik. Tapi musik yang kita bahas kali ini masih belum move on dari tema petualangan, khususnya gunung. Maklum saya bersama pasukan  julung-julung invation baru selesai mendaki Gunung Gede. Nanti di tulisan terpisah saya akan ceritakan beberapa hal menarik ketika berpetualang mendaki Gunung Gede.

Balik lagi masalah musik, waktu saya naik gunung tentunya saya punya playlist yang nemenin saya menikmati suasana. Meski ga setiap track pendakian musik ini menjejali telinga saya. Ada kalanya saya lebih memilih suara alam. Desir angin, gesekan ranting, deburan air terjun dan tentunya teriakan-terikan penyemangat selama pendakian, itu menjadi suara alam yang akan selalu saya kangenin.

Okay langsung saja menuju top 5 mountain song list, meski sebenarnya playlist lagunya lebih dari 5, tetapi saya rangkum menjadi 5 terbaik, lagu yang saya pilih memiliki pesan dan kesan, khususnya untuk saya. Ketika musik bersingkronisasi dengan suasana, maka terciptanya sebuah chemistry yang menjadikannya sebuah lagu itu spesial.



No 5. 
Lagu ini di bawakan oleh sebuah band yang berasal dari kota Seattle, bergenre folk. Liriknya tidak terlalu panjang, terdapat banyak pengulangan. Tetapi harmonisasi lagu kerap membawa saya pada sebuah lamunan di gunung. Lagu ini mengiringi saya ketika sedang menikmati hangatnya api unggun di malam hari, sembari di temani secangkir stmj dan kopi hangat yang nikmat.


No 4. 
Sebuah lagu lama yang saya temukan dari blog walking, waktu itu saya memang sedang mencari sebuah refrensi lagu yang enak di dengarkan di gunung. Maka munculah Vashti bunyan dengan just another diamond day. Ketika saya mulai mendengar lagu ini, terus terang saya jatuh cinta pada flute yang harmonis dengan tarikan suara sang vokalis wanita. Kembali mendapat lagu yang pendek, tetapi kesannya begitu panjang buat saya. Lagu ini mengingatkan saya ketika menyentuh dinginnya air pegunungan. Riaknya terbentuk dari bening air yang mengalir. Semakin kita mengikuti arus air maka yang kita temukan adalah air terjun pegunungan yang menawan.




No 3. 
Nah ini lagu yang cukup familiar, sedikit bercerita tentang lagu ini. Lagu ini merupakan sebuah soundtrack dari film pendakian gunung Mahameru, sebuah film yang berjudul 5cm. seiring dengan tayangnya film 5cm, cukup berefek signifikan terhadap dunia pendakian. Khususnya anak muda jadi semakin penasaran untuk mendaki gunung, sebuah efort yang positif. Menurut saya film ini cukup bagus, terlebih sebelum saya menonton film ini, saya sempat membaca novelnya. Dan untuk castnya juga cukup berhasil. Yang menarik perhatian saya adalah Pevita dan Ralinsyah, beuuh dua dara yang bening itu menjadi bagian dari pendakian, saya jamin energi para pendaki di sebelahnya akan meningkat drastis.
Hal ini menjadi guyonan saya ketika lelah mendaki, saya selalu bilang “Masa kalah sama pevita ?”, dan terus kawan saya akan menimpali dengan. “da si pevita mah tas na di bawakeun, di pake pas di depan kamera”.

Okay balik lagi ke lagu, lagu ini mengingatkan saya ketika Summit attack  dini hari, lalu hampir mencapai puncak, saya memandang sunrise dari balik pepohonan. Sumpah, itu keren bangeeeeett. Saya sarankan pada teman-teman, sekali seumur hidup cobalah untuk mendaki salah satu gunung. dan rasakan sendiri sensasinya.



No 2.  
Kalo ini dari salah satu inspirator saya dalam dunia literasi dan petualangan, bung Fiersa besari. Dia mengajarkan berbagai hal pada saya dalam karyanya. Pandangannya terhadap dunia literasi dan petualangan kerap ia dokumentasikan dalam sebuah karya visual dan di unggah pada chanell youtubenya.

Buat yang penasaran silahkan langsung ke chanelnya. link chanel  youtubr : Fiersa Besari  .
Buat saya sendiri, banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan. Kalo untuk lagunya yang saya pilih,  dikarenakan lagu ini menjadi sebuah ungkapan perasaan rasa rindu. Meskipun penganalogian rumah di lagu ini adalah seseorang yang di sayang dan di rindukan. Ada lirik yang saya suka. 

“ kita hanya berjarak, namun bukan berpisah. Bentangan kilometer untukmu kan ku tempuh”. 

“Engkau adalah rumah, tempat yang paling indah, di pelukanmu sayang aku akan pulang”. 

Ciiieee cieeee baper, yah bersyukurlah yang punya seseorang sebagai rumah. Dan kalian akan menjadikan ia sebagai kompas untuk jalan pulang.
Lagu ini mengingatkan saya ketika menembus hutan, melewati celah pepohonan. Sambil berjalan saya akan selalu mengingat rumah yang akan saya tuju ketika pulang.




No 1. 
Dan sampailah kita pada puncak pendakian top list, juaranya adalah
Stars and Rabbit dengan Man upon The Hill. Belum masuk pada inti lagu, lagi-lagi saya jatuh cinta terhadap lengkingan suara elda sang vokalis, asli suaranya ngingetin saya sama suasana etnik, suku-suku pedalaman, dan ini kental sekali dengan aroma petualangan. 

Setelah lengkingan suara di awal, kita akan di sajikan petikan gitar yang epik dari Adi Widodo yang tentunya di timpali dengan suara Elda yang menghidupkan suasana lagu ini.  Kalo meneliti lirik lagu sebenarnya ini tak jauh dari sebuah kisah cinta yang patah, membahas sebuah kenangan yang pada akhirnya dia harus berlapang dada pada keputusan bahwa pasangannya telah menemukan rumah yang baru pada kehidupannya. 

Tapi di balik apapun maknanya, saya menyukai arasmennya yang begitu menghanyutkan ketika saya dengar di gunung. Dan lagu ini mengingatkan saya ketika berada pada puncak gunung, terkena semilir angin .saya mengucap takjub pada Tuhan akan segala karunianya. Dia membentangkan hasil karyanya yang indah dan maha sempurna. Hamparan gunung yang agung.



Yo guys, segitu aja review dari saya, semoga bisa menginspirasi, bahkan menjadi masukan buat kalian. Siapa tau, lagu yang saya pilih bisa nyempil di playlist kalian, atau pilihan kita sudah sehati hehe. Dan kapan-kapan mari naik gunung sama-sama. Tetap berkarya sampai mati. karena berkarya itu ibadah. 

0 comments:

Post a Comment

Team of Janevalla studio

cara membuat link pada gambar

Conspiracy enthusiast

cara membuat link pada gambar

Stupid sketcher

cara membuat link pada gambar

Instagram

Popular Posts

New concept. Powered by Blogger.

About me

My photo
Bandung, Jawa barat, Indonesia
Menjadi seseorang yang terjun di dunia kreatifitas, membuat saya selalu menggali sesuatu yang baru. melihat dari sudut pandang yang berbeda dan mencari sampai detail terkecil. . pria kelahiran generasi 90, pernah hidup dalam masa keemasan. mencintai keluarga dalam seluruh lapisan. . suka menulis dan membaca, sebagaimana di ajarkan ibu guru sd waktu dulu, seiring perkembangan zaman menjerumuskan diri di dunia desain, khususnya desain interior.

mobilizers